Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui The Real Things Media dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal.


Fitriyana Naelu Rakhma , 2101407075 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui The Real Things Media dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui The Real Things Media dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui The Real Things Media dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 3 Talang kelas VII B belum dapat dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang kurang menarik karena pembelajaran yang masih konvensional sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi sangat sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Talang dapat menggunakan the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B SMP N 3 Talang Kabupaten Tegal setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR; (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP N 3 Talang Kabupaten Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B SMP N 3 Talang Kabupaten Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR; (2) mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP N 3 Talang Kabupaten Tegal setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik penggambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Talang. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 68,15 atau kategori cukup dan meningkat pada siklus II mencapai 77,95 atau kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 9,8 atau sebesar 14,38%. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari tingkah laku negatif ke tingkah laku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi siklus II, dan tampak serius dan percaya diri serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Talang mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran melalui the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan hasil kepada guru terutama guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 3 Talang untuk menggunakan the real things media dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR sebagai alternatif media pembelajaran pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi dengan media dan model pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, the real things media, model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Sep 2011 02:23
Last Modified: 25 Apr 2015 05:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item