Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih Kecamatan Ketanggungan dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat melalui latihan terstruktur


Sudarwaji, 41029044113 (2006) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih Kecamatan Ketanggungan dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat melalui latihan terstruktur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih Kecamatan Ketanggungan dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat melalui latihan terstruktur]
Preview
PDF (Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih Kecamatan Ketanggungan dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat melalui latihan terstruktur) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Sudarwaji, 41029044113 “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jamasih Kecamatan Ketanggungan dalam pokok bahasan pembagian bilangan desimal dengan bilangan bulat melalui latihan terstruktur”. Skripsi, Semarang, FMIPA. Program studi SI Pendidikan Matematika, UNNES. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Jumasih 01 Kccamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes pada pokok bahasan pembagian. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa selama ini mendapat nilai rata-rata 5,8. Sehubungan dengan itu perlu adanya suatu usaha dalam pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk dapat menyelesaikan sal-soal pembagian sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Berdasarkan pemikiran tersebut penelitian ini dilakukan dengan mengambil judul “ Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan dalam Pokok Bahasan Pembagian Bilangan Desimal dengan Bilangan Bulat Melalui Latihan Terstuktur”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Jamasih 01 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian ini ditempuh melalui 2 siklus. Setiap siklus tediri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan tes dan pengamatan. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menjadi tolok ukur keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan pembagian sekurang-kurangnya mendapat nilai rata-rata > 6,5. Hasil penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam siklus menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 5,9. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 6,8. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap siswa tehadap pokok bahasan pembagian sudah lebih baik. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan diterapkan latihan terstruktur maka hasil belajar siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2011 01:03
Last Modified: 09 Sep 2011 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item