Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif Materi Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII SMPN 1 Limpung Batang.


Chatarina Etty Kurniasari , 4101406558 (2010) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif Materi Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII SMPN 1 Limpung Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif Materi Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII SMPN 1 Limpung Batang.]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif Materi Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII SMPN 1 Limpung Batang.) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan CD interaktif pada materi persegi panjang dan persegi terhadap peserta didik dapat mencapai ketuntasan, (2) Adakah perbedaan prestasi belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning PBL berbantuan CD interaktif dengan model konvensional, (3) Apakah keaktifan peserta didik pada model Problem Based Learning (PBL) berbantuan CD interaktif berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Limpung yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling. terpilih kelas VIID sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PBL berbantuan CD Interaktif dan VIIE sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Data yang diperoleh diolah dengan uji banding t dan analisis pengaruh regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata prestasi belajar 72,47 secara signifikan melebihi kriteria ketuntasan belajar minimal yaitu 70. Terdapat pengaruh positif keaktifan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan oleh persamaan dengan koefisien determinasi 86,6%. Hal ini berarti keaktifan peserta didik memberikan sumbangan sebesar 86,6% terhadap prestasi belajar. Rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen 72,47 dan kelas kontrol 65,57 sehingga rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari rata-rata prestasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mamtematika dengan model Problem Based Learning berbantuan CD interaktif pada materi persegi panjang dan persegi adalah efektif yang ditunjukkan dengan adanya prestasi belajar peserta didik pada materi persegi panjang dan persegi dengan model PBL berbantuan CD Interaktif mencapai ketuntasan, prestasi belajar peserta didik dengan pembelajaran PBL berbantuan CD Interaktif lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional, dan keaktifan peserta didik dengan pembelajaran model PBL berbantuan CD Interaktif berpengaruh positif terhadap pestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:08
Last Modified: 25 Apr 2015 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item