REPRESENTASI PEREMPUAN PADA TRANS ART DI BAK TRUK DENGAN ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES


Aji Naramita Octavhia, 0202516027 (2019) REPRESENTASI PEREMPUAN PADA TRANS ART DI BAK TRUK DENGAN ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REPRESENTASI PEREMPUAN PADA TRANS ART DI BAK TRUK DENGAN ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES]
Preview
PDF (REPRESENTASI PEREMPUAN PADA TRANS ART DI BAK TRUK DENGAN ANALISIS SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Octavhia, Aji Naramita. 2019. “Representasi Perempuan pada Trans Art di Bak Truk dengan Kajian Semiotika Model Roland Barthes”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., Pembimbing II Dr. Bernadus Wahyudi Joko.S, M.Hum. Kata Kunci: sistem kode Roland Barthes, makna denotasi, makna konotasi, mitos, representasi perempuan. Setiap anggota masyarakat selalu terlibat dalam penggunaan bahasa, baik dia bertindak sebagai komunikator (pembicara atau penulis) maupun sebagai komunikan yang terdiri mitra bicara, penyimak atau pembaca. Bahasa sebagai alat komunikasi, memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan bahasa manusia dapat berinteraksi dan berbicara mengenai apa saja. Ungkapan bahasa banyak dipakai sebagai objek untuk menghias bak truk. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sistem kode dalam trans art pada bak truk berdasarkan pendekatan semiotika Roland Barthes, menganalisis makna denotasi dan makna konotasi yang terdapat dalam trans art pada bak truk, dan menganalisis representasi perempuan yang dilambangkan pada tulisan atau gambar yang terdapat pada bak truk sehingga memiliki pesan untuk pembaca. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes. Data dalam penelitian ini adalah penggalan atau satuan lingual yang te rdapat pada trans art. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan teoretis Semiotik Roland Barthes. Pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini disesuaikan dengan metode penelitian yang digunakan, yaitu dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori semiotik Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini yaitu, lima sistem kode pada teori semiotik Roland Barthes yang terdapat pada trans art di bak truk, yaitu (1) Kode Hermeneutik, (2) Kode Semantik, (3) Kode Simbolik, (4) Kode Narasi, dan (5) Kode Budaya. Makna denotasi, makna konotasi, dan mitos yang terdapat pada trans art. Serta representasi perempuan, yaitu: (1) Representasi Perempuan Secara Biologis, (2) Representasi Perempuan Pendoa, (3) Representasi Janda Sebagai Perempuan Yang “Gampangan”, (4) Representasi Perempuan Sensual, (5) Representasi Perempuan Penghuni Tempat Hiburan Malam, dan (6) Representasi Perempuan Sosialita. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif menggunakan kajian semiotik Roland Barthes terhadap trans art yang terdapat di bak truk, menunjukkan bahwa di setiap trans art bisa ditemukan lima kode sistem menurut pandangan Roland Barthes. Makna denotasi, makna konotasi, mitos, dan representasi perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: sistem kode Roland Barthes, makna denotasi, makna konotasi, mitos, representasi perempuan.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:19
Last Modified: 21 Oct 2020 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39576

Actions (login required)

View Item View Item