ANALISIS POTENSI BAHAYA METAL DUST EXPLOSION DI PT X (DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS)


Nurida Choirinisa Arfiyana, 6411413152 (2019) ANALISIS POTENSI BAHAYA METAL DUST EXPLOSION DI PT X (DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS POTENSI BAHAYA METAL DUST EXPLOSION DI PT X (DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS)]
Preview
PDF (ANALISIS POTENSI BAHAYA METAL DUST EXPLOSION DI PT X (DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS)) - Published Version
Download (691kB) | Preview

Abstract

Studi kasus terdahulu menunjukkan terjadinya kasus dust explosion besar yang menyebabkan kerugian pada industri di dunia. Selama satu dekade terakhir, hampir setiap tahun di dunia terjadi kasus dust explosion oleh debu logam. PT X adalah sebuah perusahaan baja yang pernah mengalami ledakan pada tahun 2004 dan 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi bahaya metal dust explosion menggunakan metode fault tree analysis di PT X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) level 1. Instrumen yang digunakan adalah lembar proses produksi dan lembar tabel identifikasi awal FTA dengan validasi desain menggunakan penilaian dari ahli. Hasil menunjukkan adanya mode kesalahan berisiko sangat tinggi dust explosion sebanyak 31,6% pada pembuatan billet baja. Berdasarkan fault tree analysis didapatkan penyebab dasar metal dust explosion terbanyak adalah kurangnya biaya dan kurangnya informasi yang masing-masing sebesar 6,5%. Penelitian ini menyarankan pada pembuat kebijakan perusahaan untuk melakukan pencegahan dan pengendalian dust explosion di perusahaan, seperti: penyediaan anggaran, pembuatan desain bangunan yang meminimalisasi adanya akumulasi debu, pembersihan yang baik, pembuatan kebijakan dan prosedur terkait pencegahan dust explosion, pengadaan edukasi keselamatan bagi pihak manajemen dan pelatihan untuk pekerja tentang bahaya dust explosion, pemasangan safety sign, dan penyediaan APD yang tahan terhadap ledakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dust explosion, fault tree analysis
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Oct 2020 07:06
Last Modified: 09 Oct 2020 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39545

Actions (login required)

View Item View Item