ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI GEOMETRI KELAS VIII BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER BERBASIS KONTEKSTUAL


Clarasati Haryanto, 4101416040 (2020) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI GEOMETRI KELAS VIII BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA PEMBELAJARAN MODEL TREFFINGER BERBASIS KONTEKSTUAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kesulitan dalam menyelesaikan soal open ended materi geometri matematika sering terjadi pada siswa sehingga menimbulkan adanya kesalahan. Untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal open ended dapat dilakukan dengan cara menganalisis kesalahan melalui respon siswa dalam menyelesaikan suatu soal atau permasalahan ditinjau dengan prosedur Newman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa ditinjau dengan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal open ended materi geometri serta mengetahui kualitas dari pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger berbasis kontekstual dan mencapai ketuntasan klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Semarang dengan sampel kelas VIII U1. Dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil dengan observasi, wawancara, tes dan dianalisis dengan uji ketuntasan belajar klasikal dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kesalahan memahami masalah dilakukan salah satu subjek pada kelompok sedang dan semua subjek pada kelompok bawah, kesalahan transformasi dilakukan salah satu subjek pada masing-masing kelompok, kesalahan kemampuan memproses dilakukan oleh semua subjek pada kelompok atas dan salah satu subjek pada kelompok sedang maupun bawah, kemudian kesalahan penulisan dilakukan semua subjek pada kelompok atas dan salah satu subjek pada kelompok sedang. Penyebab kesalahan memahami masalah adalah siswa tidak paham mengenai masalah yang tercantum pada soal. Penyebab kesalahan transformasi adalah siswa tidak mengetahui strategi yang digunakan. Penyebab kesalahan kemampuan memproses adalah siswa tidak dapat menentukan perhitungan dengan benar. Kesalahan penulisan disebabkan siswa tidak teliti menuliskan jawaban. Berkualitasnya pembelajaran model Treffinger berbasis kontekstual dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal open ended materi geometri menggunakan model Treffinger berbasis kontekstual mencapai ketuntasan belajar klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Soal Open Ended, Geometri, Prosedur Newman, Model Treffinger Berbasis Kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 07:02
Last Modified: 09 Oct 2020 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39542

Actions (login required)

View Item View Item