EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU BERGAMBAR ‘BERANTAS MALARIA’ DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN MALARIA (Studi Kasus di SDN Gripit, SDN 2 Kesenet, dan SDN 3 Kesenet Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara)


Lily Mercusi Ariyanti, 6411412208 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU BERGAMBAR ‘BERANTAS MALARIA’ DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN MALARIA (Studi Kasus di SDN Gripit, SDN 2 Kesenet, dan SDN 3 Kesenet Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU BERGAMBAR ‘BERANTAS MALARIA’ DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN MALARIA (Studi Kasus di SDN Gripit, SDN 2 Kesenet, dan SDN 3 Kesenet Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara)]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU BERGAMBAR ‘BERANTAS MALARIA’ DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PENCEGAHAN MALARIA (Studi Kasus di SDN Gripit, SDN 2 Kesenet, dan SDN 3 Kesenet Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Malaria merupakan masalah kesehatan yang sangat kompleks dan memerlukan perhatian dari semua kalangan. Prevalensi berdasarkan RDT dan karakteristik usia tahun 2018, tertinggi adalah kelompok usia 0-11 bulan dan 5-9 tahun sebesar 1 %. Pencegahan pribadi yang dapat dilakukan oleh anak seperti menggunakan baju berlengan panjang dan memakai lotion anti nyamuk, belum dilaksanakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektivan penggunaan buku bergambar „Berantas Malaria‟ dalam peningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pencegahan malaria pada siswa SD. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan rancangan one group pretest – posttest. Populasi penelitian adalah siswa usia 9-11 tahun SDN Gripit, SDN 2 Kesenet dan SDN 3 Kesenet yang berjumlah 32. Instrumen dalam penelitian adalah media buku bergambar „Berantas Malaria‟.dan Kuesioner. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Diuji dengan uji wilcoxon dan uji T berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian pada skor pretest dan posttest pengetahuan didapatkan p value sebesar 0,002. Karena nilai p (0,002) kurang dari 0,05 maka hipotesis diterima. Sedangkan untuk sikap didapatkan p value = 0,460 > 0,05 maka hipotesis ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah media buku bergambar „Berantas Malaria‟ berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan malaria pada siswa SD. Namun buku tersebut masih belum cukup berpengaruh dalam meningkatkan sikap siswa tentang pencegahan malaria.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Bergambar, Pecegahan Malaria , Pengetahuan ,Sikap, Siswa SD
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:31
Last Modified: 09 Oct 2020 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39518

Actions (login required)

View Item View Item