PENGARUH MODEL REMAP TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN PICTURE CARD DAN SNAKE LADDER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI


Angga Sofyana Widyatama, 4001416073 (2020) PENGARUH MODEL REMAP TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN PICTURE CARD DAN SNAKE LADDER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4001416073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA kurikulum 2013 mewajibkan untuk membangun keterampilan siswa. Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan adalah keterampilan berpikir kritis, sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu model Remap teams games tournament berbantuan picture card dan snake ladder. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari model Remap teams games tournament berbantuan picture card dan snake ladder terhadap keterampilan berpikir kritis serta mengetahui tanggapan siswa dari penerapan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dimana kelas VIII D sebagai eksperimen dan VIII E sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda beralasan serta uraian. Pengaruh model Remap teams games tournament berbantuan picture card dan snake ladder dianalisis menggunakan uji t-test related. Peningkatan secara signifikan diukur menggunakan N-Gain, serta mengukur hasil analisis angket tanggapan siswa. Adanya pengaruh dari model Remap teams games tournament berbantuan picture card dan snake ladder terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang diukur dengan uji t-test related pada data awal sebesar -0,13 dan pada data akhir sebesar 10,47 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penerapan model tersebut terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Pengaruh dari penerapan model Remap teams games tournament berbantuan picture card dan snake ladder pada pembelajaran memberikan peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang diukur menggunakan N-gain. Hasil peningkatan menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,38 dengan kriteria sedang. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol akibat perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian juga didukung oleh respon sangat baik siswa sebesar 89,30%. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Remap teams games tournament berbantuan picture card dan snake ladder berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Remap Teams Games Tournament, Picture Card dan Snake Ladder, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:30
Last Modified: 09 Oct 2020 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39515

Actions (login required)

View Item View Item