PENGARUH MODEL ENVIROMENTAL LEARNING BERWAWASAN KONSERVASI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN


Sri Waeni, 4001415062 (2019) PENGARUH MODEL ENVIROMENTAL LEARNING BERWAWASAN KONSERVASI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MODEL ENVIROMENTAL LEARNING BERWAWASAN KONSERVASI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL ENVIROMENTAL LEARNING BERWAWASAN KONSERVASI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN) - Published Version
Download (502kB) | Preview

Abstract

Hasil analisis pembelajaran IPA di SMP 2 Lasem menunjukkan bahwa suasana belajar aktif, menyenangkan, belum tercipta sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman konsep dan karakter peduli lingkungan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Environmental learning berwawasan konservasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan rata-rata pemahaman konsep dan karakter peduli lingkuangan antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Environmental learning berwawasan konservasi dan siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Environmental learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Data pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan uji korelasi, n-gain dan uji beda, sedangkan untuk menganalisis karakter peduli lingkungan siswa dengan analisis deskriptif . Hasil analisis pemahaman konsep menunjukkan bahwa model Environmrntal Learning berkontribusi sebesar 60,82%. Hasil n-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dalam kategori sedang. Uji beda menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil karakter peduli lingkungan menunjukkan bahwa siswa berada pada tingkat 4 (Environmental Action Skill Level) yaitu sebesar 74,1%. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa model Environmental Learning berwawasan konservasi berpengaruh positif dan dapat meningkatkan pemahaman konsep serta karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Karakter Peduli Lingkungani, Envronmental Learning, Konservasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:22
Last Modified: 09 Oct 2020 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39502

Actions (login required)

View Item View Item