Pengaruh Penerapan Metode Probing Prompting dengan Complete Sentence terhadap Kualitas Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Juwana.
Dyah Setyoningsih, 4401406071 (2011) Pengaruh Penerapan Metode Probing Prompting dengan Complete Sentence terhadap Kualitas Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Juwana. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Penerapan Metode Probing Prompting dengan Complete Sentence terhadap Kualitas Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Juwana.)
- Submitted Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati khususnya pada pembelajaran sistem reproduksi belum berjalan secara optimal. Padahal, selama ini guru menggunakan metode yang cukup bervariasi sehingga diperlukan penerapan metode inovatif dalam pembelajaran. Metode inovatif yang diterapkan dalam penelitian adalah probing prompting dan complete sentence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode probing prompting yang dipadukan dengan complete sentence terhadap kualitas belajar bila diterapkan pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 1 Juwana. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental menggunakan rancangan penelitian one shot case study yang dilaksanakan di SMAN 1 Juwana. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini terdiri atas 3 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, guru mengajar dengan metode probing prompting yang dimantapkan kembali dengan pemberian lembar complete sentence sebagai review. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa yaitu portofolio (tugas kelompok, LDS, dan lembar complete sentence) dan evaluasi akhir (ulangan harian); aktivitas siswa dan kinerja guru dengan lembar observasi; tanggapan siswa dan tanggapan guru dengan angket. Kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yaitu 74,93 dengan ketuntasan 88,89% dikelas XI IA2 dan 71,59 dengan ketuntasan 86,11% di kelas XI IA3. Siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu 91,67% di kelas dan di kelas 86,11% di kelas XI IA3. Berdasarkan penelitian di atas, disimpulkan bahwa penerapan metode probing prompting yang dipadukan dengan complete sentence dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap kualitas belajar siswa apabila diterapkan pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 1 Juwana.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing Prompting, Complete Sentence, Materi Sistem Reproduksi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Mar 2011 04:09 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/395 |
Actions (login required)
View Item |