KEEFEKTIFAN KOLB’S EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBANTUAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Fina Kifayatun, 4001415061 (2019) KEEFEKTIFAN KOLB’S EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBANTUAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KOLB’S EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBANTUAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KOLB’S EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBANTUAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN) - Published Version
Download (788kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Kolb’s Experiential Learning Models berbantuan portofolio untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada Materi Pencemaran Lingkungan SMPN 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Noneqivalent Kontrol Group Design. Sampel diambil dengan teknik random sampling dari populasi peserta didik kelas VII SMP N 1 Karanganyar tahun ajaran 2018/2019, terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data diambil dengan metode observasi, tes dan angket untuk keterampilan proses sains dan kognitif peserta didik. Keefektifan Kolb’s Experiential Learning Models berbantuan portofolio dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif peserta didik diukur dan dianalisis dengan N-gain dan Uji t. Penelitian ini dikatakan efektif apabila nilai Ngain dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control. Hasil analisis N-gain keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen sebesar 0.28 dengan kategori rendah dan kelas kontrol sebesar 0.08 dengan kategori rendah dan diuji melalui uji t dengan taraf signifikansi 5% memperoleh nilai thitung=4.823 dan ttabel=2.001 sehingga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains di mana kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (thitung>ttabel). Hasil analisis N-gain kemampuan kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,32 dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 dengan kategori rendah. Perbedaan peningkatan kemampuan kognitif diuji melalui uji t dengan taraf signifikansi 5% memperoleh nilai thitung=2.239 dan ttabel=2.001 sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kognitif di mana kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (thitung>ttabel). Simpulan penelitian ini adalah Kolb’s Experiential Learning Model berbantuan portofolio efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kolb’s Experiential Learning Model, Portofolio, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:18
Last Modified: 09 Oct 2020 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39499

Actions (login required)

View Item View Item