LAKON LABUH TRESNA SABAYA PATI DALAM KAJIAN NILAI SOSIAL DAN MORAL


Muhisam, 2611415019 (2020) LAKON LABUH TRESNA SABAYA PATI DALAM KAJIAN NILAI SOSIAL DAN MORAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2611415019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Naskah ketoprak yang berjudul Labuh Tresna Sabaya Pati merupakan salah satu naskah yang dibuat oleh Wiyatno. Aspek yang dikaji pada penelitian ini adalah nilai sosial dan nilai moral. Nilai sosial merupakan suatu penilaian yang berkenaan tentang laku kita terhadap orang lain. Sedangkan nilai moral adalah suatu penilaian terhadap tingkah laku kita sendiri. Kedua nilai tersebut saling berkaitan dengan struktur naratif dalam suatu cerita. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah struktur naratif pada lakon Labuh Tresna Sabaya Pati; (2) Bagaimanakah nilai sosial lakon ketoprak Labuh Tresna Sabaya Pati karya Wiyatno; (3) Bagaimanakah bentuk nilai moral lakon Labuh Tresna Sabaya Pati karya Wiyatno. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui struktur naratif serta mengetahui bentuk nilai sosial dan moral dalam lakon ketoprak Labuh Tresna Sabaya Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif. Sasaran penelitian adalah nilai moral dan nilai sosial lakon ketoprak Labuh Tresna Sabaya Pati karya Wiyatno. Penelitian ini menghasilkan tiga simpulan. Pertama, struktur naratif pada lakon Labuh Tresna Sabaya Pati yang meliputi tema percintaan, penokohan (protagonis, antagonis, dan tritagonis), latar (waktu, tempat, sisal dan budaya), alur maju, dialog sesuai bahasa pelisanan sehari-hari dalam lingkup kerajaan, dan Amanat. Kedua, realitas sosial meliputi cinta membutuhkan pengorbanan, kabar baik menggiring opini baik, masyarakat desa sebagian besar hidup dari alam atau olahan pertanian, serta pangkat seseorang dalam masyarakat mempengaruhi kewibawaan dan kekuasaan. Sedangkan nilai moral dikelompokkan menjadi moral kepada diri sendiri, kepada orang lain, dan kepada Tuhan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan panduan untuk memahami aspek nilai sosial dan nilai moral dalam lakon ketoprak. Saran yang diberikan adalah agar dilakukan penelitian lanjutan yang mengkaji naskah ketoprak. Penelitian-penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan dan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Naskah Ketoprak, Nilai Sosial, Nilai Moral
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:21
Last Modified: 09 Oct 2020 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39418

Actions (login required)

View Item View Item