DEIKSIS DALAM NOVEL PRAU GETHEK NYABRANG JALADRI KARYA IR. H. SOEKIRMAN (ANALISIS WACANA)


Lia Laraswati, 2611415010 (2020) DEIKSIS DALAM NOVEL PRAU GETHEK NYABRANG JALADRI KARYA IR. H. SOEKIRMAN (ANALISIS WACANA). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2611415010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan bentuk deiksis dalam novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri karya Ir. H. Soekirman, (2) mendeskripsikan fungsi deiksis dalam novel Prau Gethek Nyabrang Jaladri karya Ir. H. Soekirman. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan percakapan yang mengandung deiksis. Data yang terkumpul diklasifikasikan sesuai dengan tujuan penelitian kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berbagai jenis deiksis yaitu deiksis persona; deiksis tempat; deiksis waktu; deiksis penunjuk; deiksis wacana (anafora dan katafora) dan deiksis sosial. Adapun fungsi deiksis yaitu merujuk pada persona dibagi menjadi (a) merujuk pada pembicara (aku; kula); (b) merujuk pada lawan bicara (sira; kowe); (c) merujuk pada orang yang dibicarakan (wong-wong). Merujuk pada tempat (ngriki dan ing kono). Fungsi merujuk pada waktu (saiki; dan wau). Fungsi menjaga sopan santun berbahasa (kenya; priya). Fungsi sebagai pembeda tingkat status sosial dibagi menjadi (a) berdasarkan gelar (gusti; patih); (b) berdasarkan jabatan (camat dan ulu-ulu); (c) berdasarkan julukan (paduka; tiyang ayu); (d) berdasarkan sapaan kekerabatan (pakdhe; budhe).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bentuk, makna, fungsi deiksis, wacana, novel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:18
Last Modified: 09 Oct 2020 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item