PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMPETENSI MENULIS SANDHANGAN MANDASWARA BAGI KELAS X SMK N 6 SEMARANG


Dewi Amalia Burhani, 2601416010 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMPETENSI MENULIS SANDHANGAN MANDASWARA BAGI KELAS X SMK N 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601416010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajarn aksara Jawa seringkali mengalami kesenjangan antara target dan hasil. Kesulitan yang dialami oleh siswa saat pembelajaran aksara Jawa sering terjadi karena kurangnya pemahaman dan kemampuan siswa tentang aksara Jawa. Terdapat unsurunsur aksara Jawa yang harus dipelajari oleh siswa seperti aksara Jawa nglegena, pasangan aksara Jawa, sandhangan, sandhangan mandaswara, aksara rekan, aksara murda, aksara swara, dan aksara angka. Salah satu kendala terkait dengan pembelajaran aksara Jawa terletak pada kompetensi menulis sandhangan mandaswara. Kesalahankesalahan yang dialami oleh siswa terletak pada kaidah penulisan sandhangan mandaswara baik dalam menulis kata, kalimat, hingga paragraf. Selain itu, dilihat dari buku yang digunakan saat proses pembelajaran aksara Jawa kurang memberikan tuntunan karena materi yang termuat dalam buku tersebut kurang rinci dan kurang lengkap tentang materi sandhangan mandaswara. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru, menyusun desain prototipe bahan ajar, dan mendeskripsikan uji ahli bahan ajar yang dikembangkan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 6 Semarang untuk mengetahui kebutuhan siswa, guru bahasa Jawa untuk mengetahu kebutuhan guru dan uji ahli (pengguna), dan dosen bahasa Jawa sebagai uji ahli (materi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan penilaian uji ahli. Hasil dari penelitian ini terkait dengan kebutuhan siswa dan guru menyatakan bahwa perlu adanya buku tambahan yang menarik dan berisi materi yang lengkap untuk menuntun siswa dalam belajar menulis sandhangan mandaswara serta dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa. Desain prototipe bahan ajar yang dikembangkan menggunakan struktur bahan ajar yang telah direstruktur ulang menjadi struktur bahan ajar pokok yang lebih rinci, sederhana, dan lengkap, sehingga menghasilkan struktur baru yang dijadikan patokan untuk menyusun bahan ajar yang dikembangkan. Struktur bahan ajar pokok ini meliputi: 1) tujuan pembelajaran; 2) materi pokok; 3) penilaian. Hasil penilaian dari ahli materi dan pengguna dibagi menjadi 3 aspek penilaian. Aspek relevansi memperoleh nilai rata-rata 91,67% (sangat layak), aspek konsistensi memperoleh rata-rata 86,11% (sangat layak), aspek kecukupan memperoleh nilai rata-rata 85,83% (sangat layak). Simpulan dari aspek-aspek penilaian tersebut memperoleh nilai rata-rata 87,25% dengan kategori sangat layak. Maka menurut 3 validator tersebut, bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran menulis sandhangan mandaswara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, aksara Jawa, kompetensi menulis sandhangan mandaswara.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:01
Last Modified: 09 Oct 2020 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39404

Actions (login required)

View Item View Item