IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) BAHASA JAWA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG
Tri Wahyuningsih, 2601416003 (2020) IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) BAHASA JAWA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penerapan Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada soal USBN sangat dibutuhkan untuk mengukur daya pikir peserta didik. Soal HOTS bukan soal yang susah melainkan soal yang mengasah kemampuan aktif agar tercipta peserta didik yang mampu berpikir secara komplek dan mendalam untuk memecahkan suatu permasalahan nyata. Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan implementasi HOTS pada soal USBN bahasa Jawa di SMA Kesatrian 1 Semarang, (2) mendeskripsikan perbandingan HOTS pada soal USBN bahasa Jawa tahun 2017/2018 dan 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data berupa butir soal berkategori HOTS pada soal USBN bahasa Jawa tahun ajaran 2017/2018 dan 2018/2019. Sumber data dari penelitian ini berupa naskah soal USBN bahasa Jawa tahun ajaran 2017/2018 dan 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan studi dokumen. Metode analisis data penelitian ini menggunkan interactive model. Proses analisis data dilakukan dengan; 1) Data collection, 2) Data reduction, 3) Data display, 4) Conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi HOTS pada soal USBN tahun 2017/2018 dan 2018/2019 terdistribusikan dalam level kognitif C4 proses kognitif ‘membedakan’, ‘mengorganisasi’, dan ‘mengatribusikan’. Level kognitif C5 proses kognitif ‘memeriksa’, dan level kognitif C6 proses kognitif ‘memproduksi’. HOTS pada soal USBN tahun ajaran 2017/2018 sebesar 32,71 sedangkan pada soal USBN bahasa Jawa tahun ajaran 2018/201 sebesar 32%. Perbandingan HOTS pada soal USBN bahasa Jawa tahun 207/2018 ke tahun 2018/2019 mengalami penurunan sebesar 0,71%. Implementasi HOTS pada soal USBN bahasa Jawa tahun ajaran 2017/2018 dan tahun ajaran 2018/2019 variasi proses kognitifnya masih kurang bervariasi. Diharapkan kedepannya implementasi HOTS dapat ditingkatkan, sehingga keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat meningkat pula. Bagi peneliti lain, yang hendak melakukan penelitian terkait HOTS khusunya pada soal USBN bahasa Jawa dapat melengkapinya dengan merekonstruksi soal USBN tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS, USBN, Bahasa Jawa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 02:58 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 02:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39402 |
Actions (login required)
View Item |