MAKNA SIMBOLIK RITUAL SENDHANG GEDHEDESA KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATIKOTA SEMARANG


Ndaru Retno Wardani, 2601415053 (2020) MAKNA SIMBOLIK RITUAL SENDHANG GEDHEDESA KANDRI KECAMATAN GUNUNGPATIKOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601415053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Kandri merupakanmasyarakat yang sadar budaya, bermula dari acara nyadran sendhang gedhe yang dulunya hanya membersihkan sendhang dan makan bersama setelahnya, mereka membuat perkembangan dengan ditambahnya visualisasi pengambilan air matirta suci yang berupa tarian yang dibawakan oleh sembilan wanita dan sembilan laki-laki. Masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana bentuk ritual nyadran sendhang gedhe di Desa Kandri? (2) Bagaimana makna simbolik yang ada dalam ritual nyadran sendhang gedhe di Desa Kandri?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk ritual nyadran sendhang gedhe di Desa Kandri, (2) mendapatkan makna simbolik ritual nyadran sendhang gedhe di Desa Kandri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Bentuk tradisi ritual nyadran sendhang gedhe dibagi menjadi tiga bagian yakni persiapan dimulai dengan resik sendhang, mujadahan dan pengambilan air sendhang putri dan pembuatan ubarampe, bentuk yang kedua yakni ritual yang dimulai dengan arak-arakan menuju ke sendhang gedhe, pengambilan air sendhang gedhe dan kembul bujana (makan bersama), bentuk yang ketiga yakni hiburan, yang mana sifat dari hiburan ini adalah bebas sesuai keinginan masyarakat ingin menggelar hiburan apa . 2) Makna tradisi ritual nyadran sendhang gedhe secara keseluruhan adalah kebersamaan dan saling berbagi. Di samping itu, tradisi ini juga menggambarkan kesederhanaan hidup dan pengajaran tentang pengasuhan/pembelajaran yang baik. Dalam tradisi ritual nyadran sendhang gedhe juga terdapat nilai-nilai yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, seperti nilai keagamaan atau kerohanian yang merupakan nilai dasar bagi manusia yang berkaitan dengan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nilai sosial dan budaya juga tidak kalah pentingnya bagi masyarakat. Keduanya merupakan cermin dari diri manusia itu sendiri. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai bentuk dan makna dalam sebuah tradisi nyadran sendhang gedhe di Desa Kandri dan dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian selanjutnya, serta sebagai upaya dalam melestarikan dan mengembangkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tradisi, nyadran, makna simbolik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:52
Last Modified: 09 Oct 2020 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39398

Actions (login required)

View Item View Item