PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC DISC AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG


Lilis Setyowati, 2601414094 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC DISC AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601414094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran aksara Jawa dimulai sejak anak berada di bangku Sekolah Dasar. Membaca aksara Jawa beserta sandhangannya termasuk dalam salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa. Adanya kompetensi tersebut, menuntut siswa supaya mampu menulis aksara Jawa dengan baik. Namun pada kenyataannya tidak demikian, keterampilan siswa kelas V sekolah dasar dalam menulis aksara masih tergolong rendah. Banyak faktor yang menjadi penyebab hal tersebut, salah satunya adalah masih sedikitnya media pembelajaran menulis aksara Jawa yang mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam mempelajari aksara Jawa. Untuk itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran aksara Jawa yang mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam mempelajari aksrara Jawa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media magic disc untuk pembelajaran menulis aksara Jawa siswa kelas V SD (2) mendeskripsikan protoipe media magic disc untuk pembelajaran menulis aksara Jawa kelas V SD, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi media magic disc untuk pembelajaran menulis aksara Jawa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode research and development (r&d) prosedur penelitian yang dilakukan meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, ahli materi, dan ahli media. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik, sedangkan guru membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Jawa (2) prototipe media pembelajaran magic disc akara Jawa terdiri dari tiga bagian yaitu pada disc pertama berisi judul, contoh kata sandhangan swara dan panyigeg, bagian kedua yaitu huruf aksara Jawa beserta latinnya,dan pasangan aksara Jawa sedangkan dibagian ke tiga berisi petunjuk penggunaan dan penulisan kata (3) hasil uji validasi ahli menyebutkan bahwa media magic disc aksara Jawa sudah layak digunakan, akan tetapi dengan perbaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, menulis aksara Jawa, kelas V Sekolah Dasar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:50
Last Modified: 09 Oct 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39396

Actions (login required)

View Item View Item