MAKNA NAMA-NAMA DUSUN DI DESA KEBONDALEM KECAMATAN JAMBU (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)


Ahmadi, 2601414079 (2020) MAKNA NAMA-NAMA DUSUN DI DESA KEBONDALEM KECAMATAN JAMBU (KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601414079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang makna yang terdapat dalam nama-nama dusun di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu. Terdapat tiga permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana kategorisasi nama-nama dusun di Desa Kebondalem berdasarkan asal namanya, 2) bagaimana bentuk atau proses penamaan nama dusun di Desa Kebondalem, 3) bagaimana makna yang terdapat nama-nama dusun di Desa Kebondalem. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan kategorisasi nama-nama dusun di Desa Kebondalem, 2) mendiskripsikan bentuk atau proses pembentukan nama-nama dusun di desa Kebondalem, 3) mendiskripsikan makna yang terdapat dalam nama-nama dusun di Desa Kebondalem. objek dalam penelitian ini adalah nama-nama dusun yeng terdapat di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu yang berjumlah dua belas, di antaranya adalah dusun Banyunganti, Seroto, Kalices, Kebonsari, Ganjuran, Kebondalem, Jandon, Gumuk, Kali Bening, Dilem, Jenganti, Ngasinan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode cakap (wawancara). Hasil dari penelitian ini adalah kategorisasi nama-nama dusun yang didasarkan pada aspek perwujudan dan aspek kebudayaan, sedangkan dari segi bentuk satuan lingual yang menjadi acuan terbentuknya nama-nama dusun di desa Kebondalem yaitu berupa kata dan frasa. Terdapat dua bentuk kata yang terdapat dalam nama-nama dusun di Desa Kebondalem yaitu berbentuk monomorfemis dan polimorfemis. Berdasarkan distribusinya berbentuk frasa endosentrik atributif yang berupa kata inti/dasar (I) dan kata atribut (A). Berdasarkan proses pembentukan nama-nama dusun di desa Kebondalem yaitu afiksasi dan abrevisasi. Afiksasi berupa sufiks-an, sufiks-o dan konfiks –ng + -an. Berdasarkan maknanya, nama-nama dusun yang ada di Desa Kebondalem Kecamatan Jambu berupa makna leksikal, makna gramatikal dan makna kultural.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nama dusun, makna satuan lingaul, bentuk kata, morfologis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:47
Last Modified: 09 Oct 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39394

Actions (login required)

View Item View Item