PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESTINASI WISATA KABUPATEN REMBANG
Novia Dyah Mahesti, 2411415017 (2020) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESTINASI WISATA KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Rembang adalah sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa dengan panjang garis pantai 63,5 km, menjadikan Kabupaten Rembang memiliki destinasi wisata berupa keindahan alam, sejarah dan kesenian yang cukup banyak, namun masih membutuhkan media promosi guna menarik pengunjung wisata. Tujuan proyek studi ini adalah mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dari perkuliahan ke dalam bentuk karya yang berkaitan dengan Desain Komunikasi Visual khususnya videografi, yang menghasilkan karya berupa video dengan judul Video Promosi Destinasi Wisata Kabupaten Rembang. Perancangan video promosi ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary plan yaitu riset, analisis kebutuhan, penentuan tujuan, penentuan khalayak sasaran, serta penentuan konsep berkarya. Tahap pra produksi yaitu penentuan alur cerita, penentuan pemain, serta pembuatan story board. Tahap produksi terdiri dari pengambilan video, pengeditan video dan audio, konsultasi kepada dosen pembimbing, rendering, kemudian video diserahkan kepada pihak Explore Rembang dan DINBUDPAR Kabupaten Rembang agar dapat diunggah ke dalam akun media sosial Instagram dan Youtube. Hasil perancangan ini adalah video promosi wisata. Video promosi destinasi wisata Kabupaten Rembang menampilkan wisata berupa sejarah, keindahan alam, wisata kerajinan, dan wisata kuliner yang berpotensi. Video promosi ini menampilkan Museum RA Kartini, Desa Batik Babagan, Rumah Merah, wisata kuliner Lontong Tuyuhan, Jembatan Mangrove, dan Karang Jahe Beach. Perancangan video promosi destinasi wisata Kabupaten Rembang ini dapat menjadi media alternatif sebagai penyalur informasi dan penarik target audien atau wisatawan. Mengingat perkembangan teknologi dan informasi semakin maju maka dibutuhkan pula media yang sesuai dan dapat menjangkau wisatawan yang lebih luas tidak hanya secara spesifik dalam satu lingkup. Video promosi ini diunggah ke dalam media sosial Youtube dan juga Instagram. Video Youtube diunggah ke dalam akun DINBUDPAR Rembang selaku klien ataupun badan yang mengurusi kegiatan wisata Kabupaten Rembang dengan link https://youtu.be/1fWISOiA9BQ, dan video Instagram diunggah ke dalam akun Explore Rembang yang dipercaya sebagai penggerak aktif dalam menyebarkan informasi seputar Kabupaten Rembang pada media sosial Instagram dengan link https://www.instagram.com/p/B7qUpzLHL3t/.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video promosi, wisata Kabupaten Rembang. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 02:41 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39390 |
Actions (login required)
View Item |