PEMANFAATAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 2 KOTA SEMARANG
Maulana Resha Vivadi, 2501416065 (2020) PEMANFAATAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 2 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Media merupakan komponen pembelajaran yang salah satu fungsinya adalah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media oleh siswa berkait erat dengan jenjang studi dan topik yang sedang dipelajari. Karena itu, pemilihan dan upaya siswa dalam memanfaatkan media menjadi sangat berpengaruh pada capaian hasil belajarnya. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah jenis media yang digunakan oleh siswa dalam pelajaran seni musik dan bagaimanakah upaya mereka dalam menggunakan media tersebut untuk meningkatkan hasil belajar seni musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis jenis media yang digunakan siswa serta upaya mereka dalam memanfaatkan media tersebut untuk meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif yang dilengkapi dengan prosedur penelitian kualitatif dan mengambil sampel siswa kelas tujuh SMP Negeri 2 Kota Semarang. Teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pengayaan referensi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 68% siswa kelas tujuh mengetahui tentang media dan sebanyak 67% sudah menggunakan media. Terdapat sembilan macam jenis media yang digunakan siswa kelas tujuh yaitu alat musik, internet, media cetak, aplikasi, power point, video, animasi, lain-lain, dan tutorial interaktif. Tujuan siswa kelas tujuh dalam menggunakan media adalah untuk membantu mencapai peningkatan pada hasil belajarnya. Capaian hasil belajar seni musik siswa kelas tujuh mengalami peningkatan yaitu pada nilai ujian tengah semester, rata-ratanya adalah 81,3518 yang kemudian meningkat menjadi 85,5276 pada akhir semester. Sedangkan nilai yang paling banyak dicapai pada ujian tengah semester adalah 75,00 dan pada akhir semester meningkat menjadi 83,00. Peningkatan hasil belajar akan menjadi lebih baik apabila sekolah mengkaji untuk menyediakan media belajar seni budaya yang lebih lengkap terutama alat musik dan kemudahan akses internet sehingga siswa dapat terfasilitasi dengan baik dalam memanfaatkan media untuk meningkatkan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, pembelajaran seni musik, hasil belajar |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 01:53 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 01:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39381 |
Actions (login required)
View Item |