EFEKTIFITAS MEDIA SIBELIUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEORI MUSIK DI SMK N 1 PURWOKERTO


Jendra Bagus Setiyabudi, 2501415157 (2020) EFEKTIFITAS MEDIA SIBELIUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEORI MUSIK DI SMK N 1 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501415157.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran musik bukan hanya sekedar teori, namun juga belajar bagaimana mengimplementasikan dalam bentuk konkrit berupa simbol-simbol bunyi, maka dari itu pembelajaran seni musik membutuhkan media. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran seni musik adalah Software Sibelius 7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar peserta didik pada pembelajaran teori musik dengan media Software Sibelius 7. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 510 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X RPL 1 dan X RPL 2 yang masing-masing terdiri dari 35 peserta didik dan dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik yang menggunakan media sibelius 7 dalam pembelajaran dengan kelelompok yang tidak menggunakan media sibelius 7 dalam pembelajaran Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik dari kelompok eksperimen 80,50, sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik dari kelompok kontrol adalah 73,3. Dari hasil analisis Independent Sample t-Test dengan bantuan program SPSS 22 terlihat bahwa nilai ????????????. (2 − ????????????????????????) = 0,004 < 0,05 dan mean difference = -7,17 yang artinya terdapat perubahan positif yang signifikan dari hasil belajar peserta didik X SMK Negeri 1 Purwokerto pada pembelajaran teori musik dengan media software Sibelius 7 jika dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan media software Sibelius 7, serta terdapat selisih 7,14 diantara rata-rata kedua kelompok sedangkan tanda negatif mempunyai arti bahwa kelompok 1 (kelompok kontrol) memiliki rata-rata yang lebih rendah dari pada kelompok 2 (kelompok eksperimen). Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan positif yang signifikan dari hasil belajar peserta didik X SMK Negeri 1 Purwokerto pada pembelajaran teori musik dengan media software Sibelius 7 jika dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan media software Sibelius 7

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sibelius, Hasil Belajar, Teori Musik
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 01:24
Last Modified: 09 Oct 2020 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39378

Actions (login required)

View Item View Item