PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE INDOSPORT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN


Muhammad Raffi Fadli, 2411415077 (2020) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE INDOSPORT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2411415077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Alasan pemilihan mobile device untuk salah satu pengembangan aplikasi karena mempermudah, fleksibel dan mudah untuk dibawa dalam melakukan aktifitas. Solusi yang baik untuk Indosport mengingat perkembangan smartphone yang semakin maju dan diikuti pula oleh pertumbuhan penggunanya yang pesat di Indonesia. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan produk berupa rancangan desain user interface (UI) dan user experience (UX) dalam membantu mewujudkan aplikasi mobile yang tepat sasaran serta tidak lupa menerapkan prinsip-prinsip desain komunikasi visual yaitu unity and variety, hierarchy, contrast, proportion dan balance. Metode perancangan desain UI dan UX ini melalui beberapa tahap berkarya dengan urutan: proses pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Perancangan ini menghasilkan desain UI dan UX yang dilengkapi dengan user flow, wireframes¸ desain interface, ilustrasi dan prototipe. Target utama audiens yang dituju untuk aplikasi mobile Indosport adalah pria 16-30 tahun, maka dari itu dibutuhkan desain yang maskulin dan simpel. Halaman utama dari aplikasi mobile Indosport adalah News, Activity, Calendar, serta Profile yang nantinya pada halaman-halaman tersebut terdapat beberapa fitur yang berbeda dari halaman sebelumnya. Pembuatan UI ini menggunakan beberapa bahasa rupa seperti medium close up, full shot, long shot, close up dan medium long shot pada bagian gambar yang terdapat di artikel serta penggambaran gaya bidang digunakan ke hampir semua elemen visual UI. Menggunakan beberapa prinsip dalam perancangan yaitu time to learn, speed of performance, rate of errors by users, retention over time, dan subjective satisfaction. Aspek estetis, teknis dan komunikasi menjadi cakupan untuk menganalisis UI dan UX aplikasi mobile Indosport ini. Selain itu bahasa rupa juga diterapkan dalam melakukan analisis UI dan UX sehingga dapat sesuai dengan konsep awal yang telah dibuat. Bentuk desain yang dihasilkan nantinya akan didistribusikan langsung kepada divisi Research and Development dan divisi IT dari Indosport untuk dapat dijadikan sebuah native app dan dapat dipakai oleh calon pengguna pada platform Android maupun iOS. Hasil dari testing phase adalah ketika pameran diadakan dimana banyak pengunjung yang mengapresiasi dan memberikan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Experience, Aplikasi Mobile, User Centered Design
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 00:58
Last Modified: 09 Oct 2020 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39368

Actions (login required)

View Item View Item