IMPLEMENTASI PENDIDIKAN JASMANI PADA LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN DUKUHWARU, KABUPATEN TEGAL


Esa Nurwulan Purnami, 1601416024 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN JASMANI PADA LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN DUKUHWARU, KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1601416024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani menjadi salah satu bidang pendidikan yang perlu diajrkan sejak dini, karena manfaat dari pendidikan jasmani sangatlah besar terhadap kesegaran jasmani anak. Anak yang sehat tentunya akan menjadikan tumbuh kembang anak optimal serta keseimbangan otak anak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan jasmani pada lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 87 guru dan sampel penelitian sebanyak 30 orang guru dari 15 lembaga Taman Kanak-kanak sekecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa survei dalam bentuk kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan rincian yang menunjukkan pesentase pada berberapa aspek meliputi, aspek kurikulum pembelajaran sebesar 76,67% pada kategori baik, aspek ragam penjas sebesar 80,00% pada kategori beragam, aspek guru terkait pemahaman, kesiapan, dan kompetensi sebesar 83,33% pada kategori baik, dan aspek sarana prasarana penjas pada lembaga PAUD sebesar 83,33% pada kategori memadai. Apabila dikalkumulasikan hasil persentase dari setiap aspek dapat diperoleh pesentase sebesar 80,00% yang artinya pelaksanaan pendidikan jasmani pada lembaga PAUD di Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal termasuk pada kategori sudah terlaksana dengan baik. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani akan terlaksana dengan baik jika semua faktor yang mendukung pembelajaran tersebut terpenuhi, terutama pada aspek guru. Karena aspek guru merupakan kunci penentu keberhasilan dalam implementasi pembelajaran penjas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 00:51
Last Modified: 09 Oct 2020 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39365

Actions (login required)

View Item View Item