PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA TK B DI TK ISLAM SABILUL HUDA KALORAN


Diana Esti Handayani, 1601415095 (2020) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA TK B DI TK ISLAM SABILUL HUDA KALORAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1601415095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia TK B. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan bentuk desain penelitian dari pre-experimental design yaitu one-group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia TK B di TK Islam Sabilul Huda Kaloran, yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala aspek perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak usia TK B dengan jumlah item 34 valid yang sebelumnya telah dilakukan uji coba, sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Semua perhitungan diolah menggunakan SPSS IBM 20. Kemampuan membaca permulaan pada anak usia TK B sebelum diberikan perlakuan kategori sangat rendah mencapai 14,5%, rendah mencapai 40%, tinggi mencapai 45,7% dan sangat tinggi mencapai 0%. Sedangkan sesudah diberikan perlakuan kategori sangat rendah mencapai 0%, rendah mencapai 5,7%, tinggi mencapai 68,6% dan sangat tinggi mencapai 25,7%. Hal ini menunjukkan bahwa ada suatu peningkatan jumlah persentase kemampuan membaca permulaan pada anak usia TK B sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan perhitungan uji paired sample t-test diketahui nilai thitung = -16,002 > ttabel = 1,673, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest dan hasil posttest yang artinya ada pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia TK B di TK Islam Sabilul Huda Kaloran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 00:49
Last Modified: 09 Oct 2020 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39364

Actions (login required)

View Item View Item