PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI CINTA LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X
Meilinda Lestari, 2101416001 (2020) PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI CINTA LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN NILAI CINTA LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kebijakan penyelenggaraan sistem SKS dalam kurikulum 2013 salah satunya memberikan pelayanan kepada peserta didik mendapatkan layanan pendidikan sesuai bakat, minat, dan kemampuan belajarnya. Pendidik yang sekolahnya menerapkan sistem SKS dituntut untuk mampu menyediakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) yang bersumber dari BTP (Buku Teks Pelajaran) dan berbasis KD (Kompetensi Dasar) yang telah ditentukan. Dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, peserta didik merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah teks. Dalam pembelajaran teks eksposisi, peserta didik akan diajarkan untuk membuat teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. Dengan materi tersebut akan memudahkan peserta didik untuk menulis teks eksposisi karena teks eksposisi memiliki struktur tertentu agar tercipta teks eksposisi yang benar. Kemudian nilai karakter cinta lingkungan yang kurang tertanam pada peserta didik menimbulkan permasalahan mengenai kebersihan lingkungan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan nilai cinta lingkungan, (2) mendeskripsikan karakteristik Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan nilai cinta lingkungan, (3) mendeskripsikan prototipe Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan nilai cinta lingkungan, (4) mendeskripsikan hasil uji prototipe oleh ahli dan perbaikan prototipe pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan nilai cinta lingkungan. Pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengembangkan penelitian ini adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peserta didik dan pendidik membutuhkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) menulis teks eksposisi bermuatan nilai cinta lingkungan sebagai salah satu materi ajar untuk kurikulum dengan sistem SKS. Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dibuat dengan isi materi yang disajikan secara rinci, jelas, runtut, dan komunikatif dengan menggunakan bahasa Indonesia sesuai pedoman ejaan yang berlaku. Selain itu, peserta didik dan pendidik juga membutuhkan bahan ajar yang mengandung nilai karakter cinta lingkungan dengan tampilan menarik dan disertai gambar ilustrasi. Dari kebutuhan tersebut, maka disusunlah Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dengan judul Pandai Menulis Teks Eksposisi, Bermuatan Nilai Cinta Lingkungan. Buku tersebut dicetak dengan ukuran A5 (14,8 x 21 cm) dalam bentuk vertikal. Isi dari Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) meliputi, Kegiatan Belajar 1 “Mengungkapkan Struktur Teks Eksposisi”, Kegiatan Belajar 2 “Membandingkan Dua Kebahasan Teks Eksposisi”, Kegiatan Belajar 3 “Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas”, dan Kegiatan Belajar 4 “Menyusun Teks Eksposisi”. Setelah UKBM disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli. Dari uji ahli tersebut kemudian dilakukan beberapa perbaikan sesuai dengan saran dari ahli. Perbaikan tersebut yaitu terdisi dari empat aspek, yaitu (1) aspek penyajian, (2) aspek isi materi, (3) aspek kebahasaan, dan (4) aspek grafika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran dari penulis yaitu, (1) bagi pendidik bahasa Indonesia, Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) menulis teks eksposisi ini dapat digunakan sebagai tambahan materi ajar dalam pembelajaran dengan sistem SKS, (2) bagi peserta didik, Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) menulis teks eksposisi ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar pembelajaran menulis teks eksposisi dalam pembelajaran dengan sistem SKS, (3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dilanjutkan untuk menguji efektivitas Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) menulis teks eksposisi. Uji efektivitas akan meningkatkan kualitas UKBM agar lebih baik lagi dan benar-benar dapat digunakan di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), menulis teks eksposisi, nilai cinta lingkungan |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 12:38 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 12:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39358 |
Actions (login required)
View Item |