PENGARUH SENAM LANSIA BUGAR PADA KELOMPOK PROLANIS TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI (Eksperimen Pada Wanita Usia 50-70 Tahun di Posyandu Lansia Ngesti Rahayu Tahun 2019)


Neny Triana, 6301415122 (2019) PENGARUH SENAM LANSIA BUGAR PADA KELOMPOK PROLANIS TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI (Eksperimen Pada Wanita Usia 50-70 Tahun di Posyandu Lansia Ngesti Rahayu Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SENAM LANSIA BUGAR PADA KELOMPOK PROLANIS TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI (Eksperimen Pada Wanita Usia 50-70 Tahun di Posyandu Lansia Ngesti Rahayu Tahun 2019)]
Preview
PDF (PENGARUH SENAM LANSIA BUGAR PADA KELOMPOK PROLANIS TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI (Eksperimen Pada Wanita Usia 50-70 Tahun di Posyandu Lansia Ngesti Rahayu Tahun 2019)) - Published Version
Download (851kB) | Preview

Abstract

Hiprtensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg. Rumusan masalah: Bagaimana pengaruh Senam Lansia Bugar pada kelompok Prolanis terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi?. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh Senam Lansia Bugar pada kelompok Prolanis terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Metode penelitian ini merupakan pre-experimental designs (nondesigns). Variable bebas yaitu senam lansia bugar sedangkan variable terikat yaitu penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Populasi berjumlah 38 lansia dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 13 sampel sesuai dengan kriteria, kemudian diberi perlakuan senam lansia bugar sebanyak 5 kali treatment dalam 2 minggu. Pengukuran tekanan darah menggunakan alat sfigmomanometer. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian dan analisis terbukti ada pengaruh senam lansia bugar terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi dengan uji sample Paired t-tes didapat nilai signifikan kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian: ada pengaruh senam lansia bugar pada kelompok prolanis terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Lansia, Senam Lansia Bugar
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Oct 2020 07:40
Last Modified: 08 Oct 2020 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39337

Actions (login required)

View Item View Item