PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI-NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK SMP


Noor Laila Amalia, 2101415038 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI-NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI-NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI-NILAI HUMANIS BAGI PESERTA DIDIK SMP) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis puisi di SMP masih membutuhkan materi tambahan berupa buku pengayaan. Melalui buku pengayaan diharapkan peserta didik dapat terampil menulis puisi. Penyusunan buku tersebut dimuati muatan Nilai-Nilai Humanis sebagai upaya perbaikan karakter dan moral pelajar SMP. Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan (1) kebutuhan buku pengayaan menulis puisi bermuatan nilai-nilai humanis, (2) prinsip pengembangan buku pengayaan menulis puisi bermuatan nilai-nilai humanis bagi peserta didik SMP, (3) desain produk buku pengayaan menulis puisi bermuatan nilai-nilai humanis bagi peserta didik SMP, (4) hasil uji validasi oleh dosen ahli dan pendidik terhadap desain produk buku pengayaan menulis puisi, dan (5) hasil perbaikan desain produk buku pengayaan menulis puisi bermuatan nilai-nilai humanis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono, yaitu yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara tidak terstruktur untuk memperoleh data kebutuhan peserta didik dan pendidik serta data validasi produk buku pengayaan menulis puisi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian, yaitu (1) pendidik dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan menulis puisi untuk menunjang pembelajaran di sekolah, (2) prinsip pegembangan meliputi aspek isi/materi, aspek penyajian materi, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikaan, (3) prototipe buku pengayaan menulis puisi meliputi aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, serta aspek kegrafikan, (4) nilai rata-rata yang diperoleh dari pengembangan buku pengayaan menulis puisi bermuatan Nilai-Nilai Humanis yaitu 93,49 dengan kategori sangat layak, (5) perbaikan prototipe buku pengayaan menulis puisi meliputi aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Berdasarkan hasil hasil uji validasidari dosen ahli dan pendidik menunjukkan bahwa buku pengayaan menulis puisi bermuatan nilai-nilai humanis bagi peserta didik SMP layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ada beberapa saran yang ditujukan kepada beberapa pihak, yaitu pendidik dan peserta didik dapat menggunakan buku pengayaan menulis puisi sebagai sumber belajar tambahan dan bagi peneliti lain, hendakanya dapat dijadikan sebagai dasar kajian penelitian yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, puisi, nilai humanis
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Oct 2020 07:33
Last Modified: 08 Oct 2020 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39331

Actions (login required)

View Item View Item