PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS LEGENDA BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI KABUPATEN BREBES


Ahmad Niam Zuhri, 2101414110 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS LEGENDA BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS LEGENDA BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS LEGENDA BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Informasi mengenai teks legenda masih kurang diberikan kepada peserta didik. Buku pengayaan yang ada belum membahas legenda secara rinci khususnya untuk legenda daerah Brebes. Buku yang ada harus ditambahkan muatan konservasi budaya sebagai wujud kecintaan terhadap budaya sendiri. Pengembangan buku pengayaan teks legenda sangat diperlukan khususnya di daerah Brebes, legenda setempat masih jarang yang mengetahui pada khususnya siswa SMP kelas VII. Kebutuhan buku pengayaan yang ada di Brebes sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran sekaligus konservasi budaya sangat diperlukan untuk memperluas pengetahuan dan membangun karakter peserta didik Permasalahan penelitian yang dirumuskan, yaitu (1) Analisis kebutuhan buku pengayaan mengidentifikasi teks legenda bermuatan konservasi budaya terhadap peserta didik dan guru kelas VII SMP di Kabupaten Brebes (2) prototipe buku pengayaan mengidentifikasi teks legenda bermuatan konservasi budaya untuk peserta didik kelas VII SMP di Kabupaten Brebes (3) penilaian ahli mengenai prototipe buku pengayaan mengidentifikasi teks legenda bermuatan konservasi budaya untuk peserta didik kelas VII SMP di Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan mengidentifikasi informasi teks legenda. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) Penyusunan prototipe media pembelajaran disusun berdasarkan angket kebutuhan yang meliputi aspek kebutuhan isi/materi, kebutuhan penyajian, kebutuhan bahasa dan keterbacaan, serta kegrafikan yang telah sesuai, (2) Prototipe buku pengayaan mengidentifikasi teks legenda bermuatan konservasi budaya disusun berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan sesuai dengan hasil angket kebutuhan buku pengayaan menurut pendidik dan peserta didik. Bagian buku tersebut adalah sampul buku, fisik buku, dan isi buku, (3) Instrumen penilaian yang digunakan meliputi empat aspek yaitu aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek grafika. Hasil penilaian termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diberikan kedua ahli adalah 3,4, dan (4) perbaikan yang dilakukan untuk buku pengayaan meliputi: sampul buku,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teks legenda, budaya, Brebes
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Oct 2020 07:27
Last Modified: 08 Oct 2020 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39330

Actions (login required)

View Item View Item