PENGARUH THE DARK TRIAD PERSONALITY TERHADAP DANGEROUS DRIVING BEHAVIOR PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI USIA REMAJA AWAL


Adelia Anggun Pertiwi, 1511416020 (2020) PENGARUH THE DARK TRIAD PERSONALITY TERHADAP DANGEROUS DRIVING BEHAVIOR PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI USIA REMAJA AWAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1511416020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dangerous driving behavior merupakan perilaku pengemudi baik disengaja maupun tidak disengaja membahayakan dan mempunyai potensi membahayakan pengguna jalan lain. Dewasa ini angka kecelakaan lalu lintas meningkat dan yang menjadi korban kebanyakan pengendara yang masih termasuk dalam kategori remaja. Perilaku mengemudi seseorang erat kaitannya dengan kepribadiannya sehari-hari. The dark triad personality merupakan kepribadian sisi gelap dari manusia yang mempunyai keinginan akan kekuasaan, status, dan berusaha dalam mendominasi lingkungan sosialnya.Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh the dark triad personality terhadap dangerous driving behavior pada pengendara sepeda motor di usia remaja awal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan teknik korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah proportionate stratified random sampling subyek dalam penelitian ini adalah pengendara sepeda motor yang masih dalam kategori remaja awal (N=185). Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda (stepwise regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model 1 (machiavellianism) dengan nilai F = 16,345 dengan signifikansi 0,000 (<0,05), pada model 2 (machiavellianism, psychopathy) dengan nilai F = 10,695 dengan signifikansi 0,000 (<0,05) artinya hipotesis penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh the dark triad personality terhadap dangerous driving behavior pada pengendara sepeda motor di usia remaja awal. Hasil dari perhitungan R Square menunjukkan angka R 0,114 yang bermakna bahwa the dark triad personality memberikan sumbangan pengaruh sebesar 11,4% terhadap dangerous driving behavior pada pengendara sepeda motor di usia remaja awal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tipe kepribadian machiavellianism yang memiliki pengaruh paling besar terhadap dangerous driving behavior pada pengendara sepeda motor di usia remaja awal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dangerous Driving, Dark Triad Personality, Remaja Awal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:59
Last Modified: 08 Oct 2020 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39325

Actions (login required)

View Item View Item