HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI RESIMEN MAHASISWA DI TERITORIAL SUB-A MAHADIPA JAWA TENGAH


Deni Pragas Septian Pratama, 1511414003 (2020) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI RESIMEN MAHASISWA DI TERITORIAL SUB-A MAHADIPA JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1511414003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa dikenal sebagai pelaku utama agent of change karena mahasiswa merupakan calon cendekiawan atau intelektual dalam suatu lapisan masyarakat dan dituntut harus bisa terjun langsung dalam masyarakat. Agar hal tersebut dapat terwujud dengan baik, maka mahasiswa bisa mengikuti organisasi yang ada di dalam kampusnya. Salah satu organisasi yang dimiliki perguruan tinggi adalah Resimen Mahasiswa. Namun, pada kenyataannya tidak semua mahasiswa dapat membagi waktunya dengan baik antara berorganisasi dan melakukan kegiatan akademik, bahkan sering dijumpai kasus anggota Resimen Mahasiswa cenderung menunda untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas akademiknya karena menjalankan tugasnya sebagai anggota Resimen Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Variable bebas dalam penelitian ini adalah kontrol diri dan variabel tergantung adalah prokrastinasi akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti Resimen Mahasiswa di teritorial Sub-A Mahadipa Jawa Tengah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel 207 subjek. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik dan skala control diri. Analisis validitas dan reliabilitas instrument menggunakan software pengolah data. Instrument dinyatakan reliabel dengan koefisien reliabilitas untuk prokrastinasi akademik sebesar 0,906 dan skala kontrol diri sebesar 0,778. Analisis data dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment dengan software pengolah data. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil korelasi rxy= -0,558 dengan sig = 0,000 ; p < 0,01. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada Resimen Mahasiswa. Tingkat kontrol diri yang dimiliki oleh Resimen Mahasiswa tergolong tinggi dan tingkat prokrastinasi akademik yang dimiliki tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik, Resimen Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:31
Last Modified: 08 Oct 2020 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39315

Actions (login required)

View Item View Item