KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PAGONGAN 01 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL
Azizah Putri Nurhidayah, 1401416492 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PAGONGAN 01 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (19MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Penggunaan media animasi dalam penyampaian materi, dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media animasi terhadap minat dan hasil belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan media animasi dan yang menggunakan media gambar pada materi interpretasi data (penyajian data). Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil analisis data yang sudah dilaksanakan, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan minat dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (5,681 > 2,021) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), sedangkan uji keefektifan terhadap minat belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan thitung > ttabel(7,721 > 1,725). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples t�test menunjukkan thitung > ttabel(3,747 > 2,021) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05), sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan thitung > ttabel (5,189 > 1,725). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media animasi efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika materi interpretasi data (penyajian data) pada siswa kelas V SD Negeri Pagongan 01 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Disarankan pada guru untuk menggunakan media animasi sebagai upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi interpretasi data (penyajian data), mengolaborasikan media animasi dengan model atau metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, serta memberikan penguatan kepada siswa yang berprestasi, sehingga siswa yang lain akan termotivasi untuk meningkatkan minat belajarnya agar hasil belajar yang diperoleh lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Animasi, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 06:29 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 06:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39313 |
Actions (login required)
View Item |