PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Fira Aennur Rofiq, 1401416484 (2020) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416484.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Membaca pemahaman adalah kegiatan membaca dengan tujuan untuk memahami apa yang menjadi isi bacaan. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan membaca pemahaman yaitu kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang terdiri dari delapan Sekolah Dasar. Jumlah populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal sebanyak 192 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika yang berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tiga teknik analisis, yaitu analisis deskriptif statistik, uji prasyarat analisis, dan uji analisis akhir (uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan nilai rhitung > rtabel (0,515 > 0,176) dan nilai thitung>ttabel (6,744>1,979) dengan pengaruh sebesar 26,5%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel (6,744>1,979) dan nilai thitung > ttabel (11,368>1,979), dengan pengaruh sebesar 50,6%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel (0,712>0,176), nilai Fhitung>Ftabel (64,110>3,069) dengan pengaruh sebesar 50,6%. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Dukuhwaru KabupatenTegal. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru dan pihak sekolah secara bersama-sama dapat meningkatkan kebiasaan membaca pada siswa untuk menambah penguasaan kosakata, sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca; Membaca Pemahaman; Penguasaan Kosakata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:27
Last Modified: 08 Oct 2020 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39312

Actions (login required)

View Item View Item