HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIANBELAJAR TERHADAPSIKAP SOSIALSISWA KELAS IV SDN GUGUS WERKUDARA KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN


SUSI DWI ASTUTI, 1401416478 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIANBELAJAR TERHADAPSIKAP SOSIALSISWA KELAS IV SDN GUGUS WERKUDARA KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416478.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen menunjukkan sikap sosial aspek tanggung jawab dan percaya diri pada ranah afektif masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi sikap sosial yaitu Pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. (2) menguji hubungan antara kemandirian belajar dengan sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 158 siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi Product Moment, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dengan sikap sosial siswa, kontribusi variabel pola asuh orang tua termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan sikap sosial siswa, kontribusi variabel kemandirian belajar ternasuk dalam kategori baik; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap sikap sosial siswa, kontribusi variabel pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap sikap sosial tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap sikap sosial siswa kelas IV SDN Gugus Werkudara Kecamatan Petanahan Kebumen. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajarnya dan orang tua hendaknya memperhatikan pola asuh yang diberikan kepada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar; pola asuh orang tua; sikap sosia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:25
Last Modified: 08 Oct 2020 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39311

Actions (login required)

View Item View Item