PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SD SE-DABIN SLEROK KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Mishbah Fatchurrohman, 1401416457 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SD SE-DABIN SLEROK KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416457.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran, baik dengan penguasaan berbagai kompetensi guru, melaksanakan peran guru, dan kemampuan lainnya yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Kompetensi profesional merupakan kemampuan yang dimiliki oleh guru yang merupakan hasil kerja kognitif untuk melaksanakan tugas sehingga siswa memperoleh hasil belajar yang optimal, sehingga terciptanya pendidikan yang berkualitas atau bermutu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru di SD se-Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 68 guru. Semua populasi dijadikan sampel penelitian karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur dan angket atau kuisioner. Uji prasyarat yang digunakan, yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2 ), uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 77,7 %. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 75,5%. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 152,359 > 3,22041 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 82,4%. Jika nilai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan kinerja guru yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kinerja guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:21
Last Modified: 08 Oct 2020 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39309

Actions (login required)

View Item View Item