ANALISIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD BOJONG SALAMAN 01 KOTA SEMARANG


Intan Andhika Fitri, 1401416449 (2020) ANALISIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD BOJONG SALAMAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416449.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di sekolah dasar merupakan salah satu program yang termuat dalam kurikulum 2013 dan menjadi sarana kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD Bojong Salaman 01 Kota Semarang dengan (1) mendeskripsikan metode pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari, (2) mendeskripsikan penguasaan siswa pada tari, dan (3) mendeskripsikan hambatan kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang di digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan peneliti dari hasil catatan observasi lapangan pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD Bojong Salaman 01 Kota Semarang. Data sekunder penelitian ini berasal dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan beberapa informan yakni, guru tari, kepala sekolah, guru kelas, dan beberapa siswa dari tiap kelas 1, 2, 3, 4, dan 5, hasil dokumentasi, dan teori yang mendukung observasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian tentang kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang ada di SD Bojong Salaman 01 Kota Semarang ini menunjukkan bahwa; (1) metode pembelajaran tari yang digunakan guru tari dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari ada dua yakni metode ceramah dan metode demonstrasi, (2) penguasaan siswa pada seni tari kreasi dengan nuansa tradisional lebih cenderung bertahap, menyesuaikan dengan penguasaan olah tubuh, dan bergantung pada bakat minat yang dimiliki siswa pada seni tari, (3) hambatan pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari ada dua yakni hambatan dari dalam dan dari luar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni tari di sekolah dasar tidak hanya berfokus pada peningkatan prestasi siswa di bidang seni tari tetapi lebih cenderung digunakan pihak sekolah sebagai sarana mengembangkan dan meningkatkan karakter siswa seperni nilai karakter: bertanggung jawab, saling tolong menolong, mulia akhlak, disiplin, dan mencintai budaya daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Seni Tari, Metode Pembelajaran Seni Tari, Penguasaan Tari Siswa SD, Hambatan Ekstrakurikuler Seni Tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:19
Last Modified: 08 Oct 2020 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39308

Actions (login required)

View Item View Item