PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK MENGGAMBAR PEMANDANGAN UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBAKPROGATEN KABUPATEN KEBUMEN


Siti Nur Sa’adah, 1401416446 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK MENGGAMBAR PEMANDANGAN UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBAKPROGATEN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416446.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian di kelas III SDN Tambakprogaten Kabupaten Kebumen melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa penyebab siswa kurang optimal dalam memahami pembelajaran ialah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran khususnya muatan SBdP. Selama ini guru hanya menggunakan buku siswa dan buku guru. Selain itu, belum adanya media big book untuk mengubah mindset siswa tentang menggambar pemandangan agar siswa lebih variatif dan kreatif dalam menggambar pemandangan tidak harus selalu gunung. Dari 34 siswa, terdapat 28 siswa yang menggambar gunung ketika diminta menggambar pemandangan. Hal tersebut menunjukkan bahwa mindset siswa yaitu masih menggambar gunung ketika diminta menggambar pemandangan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, mengetahui kelayakan, serta menguji keefektifan media big book. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur penelitian ini terdiri atas (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi terbatas. Subyek penelitian ini adalah 34 siswa kelas III SDN Tambakprogaten Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal (uji normalitas), dan analisis data akhir (uji n-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book layak digunakan dengan skor penilaian kelayakan komponen isi materi 98% dengan kriteria sangat layak dan penilaian kelayakan media 89,41% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan media big book ini juga didukung oleh hasil angket tanggapan guru, orang tua, dan siswa kelas III yang memperoleh presentase kelayakan sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Sehingga media big book dinilai layak untuk diujicobakan. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa pretest sebesar 0,156 dan posttest sebesar 0,594. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa uji kelompok kecil nilai pretest dan posttest berdistribusi normal karena nilai < . Selanjutnya uji N- Gain memperoleh skor 0,696969697 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media big book layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP materi menggambar pemandangan siswa kelas III SDN Tambakprogaten Kabupaten Kebumen. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media big book pada pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: big book; media pembelajaran; SBdP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 06:14
Last Modified: 08 Oct 2020 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39306

Actions (login required)

View Item View Item