PENGEMBANGAN MEDIA RITATOON MENGGUNAKAN MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MEMAHAMI KALIMAT SARAN SISWA KELAS III SDN CANGKIRAN 01


Maftuhah, 1401416424 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA RITATOON MENGGUNAKAN MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MEMAHAMI KALIMAT SARAN SISWA KELAS III SDN CANGKIRAN 01. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416424.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SDN Cangkiran 01 Kota Semarang melalui wawancara, terdapat permasalahan pada materi memahami kalimat saran, yakni belum adanya media pembelajaran secara konkret dan model pembelajaran yang sesuai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ritatoon untuk kelas III SD, yaitu (1) menghasilkan media ritatoon, (2) menguji kelayakan media ritatoon, dan (3) menguji keefektifan media ritatoon. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan delapan tahapan pelaksanaan (Sugiyono, 2016a:408), yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Cangkiran 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, analisis data produk dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa media ritatoon sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 93% dan kelayakan oleh ahli materi sebesar 93%. Hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung 12,741 > ttabel 2,021 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media ritatoon layak dan efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat saran. Peneliti memberi saran agar guru mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang variatif agar pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media ritatoon, model POE (Predict, Observe, Explain), kalimat saran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 05:09
Last Modified: 08 Oct 2020 05:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item