KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI


Dewi Wahyu Kartika, 1401416395 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416395.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA kelas IV di SDN Gugus Jendral Sudirman cenderung ceramah, belum dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari serta belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep materi sendiri. Model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya, yaitu model Direct Instruction (DI) ternyata belum mampu mengoptimalkan hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model CTL berbasis lingkungan lebih efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Kayen Kabupaten Pati bila dibandingkan dengan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini dilakukan untuk menguji keefektifan model CTL berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Jatiroto 01 dan siswa kelas IV SDN Brati 01 sebagai kelas eksperimen, kemudian siswa kelas IV SDN Jatiroto 02 dan siswa kelas IV SDN Jatiroto 03 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan pada masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes dan non tes (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian menggunakan adalah analisis awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas; analisis deskripif; analisis akhir menggunakan independent sample t-test dan n-gain. Hasil uji t-test menunjukkan thitung > ttabel (6,818>1,666), dan uji n-gain menunjukkan peningkatan kelas eksperimen berada pada kriteria sedang yaitu 0,534, sedangkan kelas kontrol berada pada kriteria rendah yaitu 0,295. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa model CTL berbasis lingkungan lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Kayen Kabupaten Pati dibandingkan dengan model Direct Instruction. Penerapan model CTL berbasis lingkungan, sebaiknya guru memperhatikan cakupan materi yang akan diajarkan serta menyusun rencana pembelajaran yang kompleks sesuai tahapan-tahapan CTL sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; keefektifan; model CTL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 05:01
Last Modified: 09 Oct 2020 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39297

Actions (login required)

View Item View Item