KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING BERBANTU MEDIA LECTORA INSPIRE DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MINTARAGEN 7 TEGAL
Arum Sulistiyaningsih, 1401416394 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING BERBANTU MEDIA LECTORA INSPIRE DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MINTARAGEN 7 TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika adalah guru kurang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dan penggunaan media pembelajaran yang kurang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model Problem Posing berbantu media Lectora Inspire ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Mintaragen 7 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Mintaragen 7 dan siswa kelas IV SD Mintaragen 1 Tegal tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 67 siswa. Teknik samplingnya adalah non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji analisis akhir. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Uji analisis akhir terdiri dari uji hipotesis perbedaan dan keefektifan. Hasil pengujian hipotesis perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan bahwa, nilai thitung > ttabel (2,260 > 1,997), dan ditinjau dari hasil belajar siswa menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,694 > 1,997), sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar. Perhitungan uji keefektifan kemampuan berpikir kreatif menggunakan One Sample T Test menunjukkan bahwa, nilai thitung > ttabel (3,375 > 2,042), ditinjau dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,003 > 2,042), sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Posing berbantu media Lectora Inspire terbukti efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa materi keliling dan luas bangun datar. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan mampu menerapkan model Problem Posing berbantu media Lectora Inspire sebagai satu alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika. Pihak sekolah dapat memberikan sosialisasi kepada guru mengenai penggunaan model Problem Posing berbantu media Lectora Inspire, dan meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung. Bagi peneliti lanjutan diharapkan mampu mengkaji lebih mendalam terkait kelemahan dan kelebihan model Problem Posing berbantu media Lectora Inspire.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Posing berbantu Media Lectora Inspire, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 04:59 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 04:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39295 |
Actions (login required)
View Item |