KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI


Eva Dian Wahyu Sulistyaningkrum, 1401416392 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416392.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut karena guru kurang mengajarkan praktek, lebih mengutamakan teori dengan cara penjelasan secara ceramah di dalam ruang kelas, sehingga dibutuhkan adanya perlakuan dengan menerapkan model Make a Match berbantuan kartu bergambar yang akan membuat siswa lebih aktif dan semangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sambil bermain. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model Make a Match berbantuan kartu bergambar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design yang melibatkan sampel sebanyak 76 siswa kelas IV, yang diambil menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian keefektifan 1) pada uji t-test menunjukkan nilai signifikansi yaitu 0,043 yang berarti nilai signifikansi < 0,05 sehingga make a match berbantuan kartu bergambar efektif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,49 dengan kriteria tinggi, sedangkan kelas kontrol yaitu 0,28 dengan kriteria rendah. 2) Rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 77,25% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini model make a match berbantuan kartu bergambar lebih efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Pati. Saran yang disampaikan yaitu guru perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Kartu bergambar; Make a match
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:56
Last Modified: 08 Oct 2020 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39293

Actions (login required)

View Item View Item