KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WOLTER MONGINSIDI KABUPATEN KENDAL
Bekti Widhi Astuti, 1401416385 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WOLTER MONGINSIDI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA kelas V SDN Gugus Wolter Monginsidi dominan ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Model konvensional ini masih mengalami kendala sehingga pelaksanaan pembelajaran belum optimal serta hasil belajar IPA yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus Wolter Monginsidi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Wolter Monginsidi. Sampel penelitian ini menggunakan pengambilan teknik purposive sampling dengan menetapkan siswa kelas V SDN 1 Sarirejo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Sarirejo sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan yaitu pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal dan analisis data akhir berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t-test dan peningkatan rata-rata hasil belajar IPA menggunakan N-Gain. Hasil uji t-test menunjukan bahwa thitung > ttabel (3,142 > 1,997), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan didukung hasil uji N-Gain yaitu kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar dengan kriteria sedang sebesar 0,55, dan kelas kontrol berada dikategori rendah sebesar 0,29. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media konkret lebih efektif diterapkan pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Gugus Wolter Monginsidi dibandingkan model konvensional. Saran pada pelaksanaan model Course Review Horay, guru hendaknya melakukan persiapan terlebih dahulu dengan memahami materi, menentukan media pembelajaran, serta menyiapkan soal untuk mengukur kemampuan pemahaman siswa agar berjalan efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan; Course Review Horay; media konkret; hasil belajar; IPA. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 04:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 04:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39291 |
Actions (login required)
View Item |