PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN DAN CD “TEK-TEK” UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA KELAS V SD NEGERI LEREPKEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN


Sani Dian Pratiwi, 1401416380 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU PANDUAN DAN CD “TEK-TEK” UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL SISWA KELAS V SD NEGERI LEREPKEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416380.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

aan musik siswa yang masih kurang, alat musik kesenian tek-tek yang sudah dua tahun tidak difungsikan serta terbatasnya media pembelajaran menjadi alasan mengapa peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Panduan dan CD bertemakan musik tek-tek sebagai topik penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran serta menguji kelayakan dan keefektifan media Buku Panduan dan CD dalam peningkatan kecerdasan musikal khususnya untuk siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen. Research and Development (RnD) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif merupakan jenis dari penelitian yang digunakan. Keterlibatan penelitian meliputi populasi siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen dengan jumlah 39 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di SD Negeri Lerepkebumen Kabupaten Kebumen. Teknik yang peneliti gunakan yaitu meliputi teknik wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, instrumen angket, dokumentasi dan rubrik. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir menggunakan uji beda dua rata-rata dan uji N-Gain. Data kualitatif dan data kuantitatif digunakan sebagai teknik pelaporan data. Presentase yang didapat dari ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan persentase yang didapat dari ahli media sebesar 94%. Hasil rata-rata nilai kognitif kelompok kecil sebesar 48 menjadi 69, aspek psikomotorik sebesar 47 menjadi 86. Sedangkan kelompok besar aspek kognitif sebesar 62 menjadi 80 serta aspek psikomotorik sebesar 50 menjadi 79. Pengujian N-Gain untuk aspek kognitif pada kelompok kecil sebesar 0,40 (sedang) dan skala besar 0,47 (sedang). Sedangkan aspek psikomotorik kelompok kecil 0,75 (tinggi) dan kelompok besar 0,58 (sedang). Uji T terbukti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan media Buku Panduan dan CD “Tek-Tek”. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Pengembangan media Buku Panduan dan CD “Tek-Tek” menggunakan teori Sugiyono. 2) Kriteria penilaian kelayakan media dan materi sangat layak. 3) Media Buku Panduan dan CD “Tek�Tek” efektif untuk meningkatkan kecerdasan musikal siswa. Masukan dan saran untuk penelitian selanjutnya supaya dapat mengembangkan media lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan musikal siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan; CD; kecerdasan musikal; musik tek-tek
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:41
Last Modified: 08 Oct 2020 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39289

Actions (login required)

View Item View Item