PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD SE-DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Eva Oktavia, 1401416346 (2020) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD SE-DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416346.pdf]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview
[thumbnail of 1401416346.pdf]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru merupakan kemampuan yang meliputi penguasaan materi, standar kompetensi, keprofesionalan, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Terdapat dua faktor yang memengaruhi kompetensi profesional guru yaitu dari dalam dan dari luar. Supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru merupakan contoh dari banyak faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SD se-Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang sebanyak 124 guru. Sampel penelitian sebanyak 124 guru yang ditentukan menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru dengan sumbangan pengaruh sebesar 3,3%; (2) terdapat pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru dengan sumbangan pengaruh sebesar 12,5%; (3) terdapat pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru dengan sumbangan pengaruh sebesar 13,7%; serta (4) terdapat hubungan yang positif supervisi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru. Dapat disimpulkan bahwa: supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi profesional guru di SD se-Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Disarankan kepada kepala sekolah untuk memberikan pelayanan supervisi dan memotivasi guru, sehingga kinerjanya dapat lebih meningkat dan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional; motivasi kerja; supervisi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:16
Last Modified: 08 Oct 2020 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39285

Actions (login required)

View Item View Item