HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI


LULUK FITRIANA, 1401416323 (2020) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416323.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Gugus R.A Kartini kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, diketahui bahwa kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar siswa masih rendah ditandai dengan terdapat siswa yang mengerjakan tugas rumah di sekolah, siswa kurang antusias serta kurang aktif di kelas dalam menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, siswa menganggap materi IPS terlalu luas sehingga susah untuk di pahami dan membosankan. Selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS (3) menguji hubungan antara kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, yang berjumlah 171. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, dengan rhitung 0,617 serta berkontribusi sebesar 38 %; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, dengan rhitung 0,697 serta berkontribusi sebesar 48,5%; (3) terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati, dengan rhitung 0,797 serta berkontribusis sebesar 63,5%. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkam bahwa ada hubungan kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat meningkatkan kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar siswa dan bekerjasama dengan wali siswa untuk memantau proses belajar siswa saat di rumah, sehingga kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar siswa menjadi baik dan dapat memeperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 01:54
Last Modified: 08 Oct 2020 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39280

Actions (login required)

View Item View Item