KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN PEDAGANGAN 01 KABUPATEN TEGAL
Berlian Ayu Lestari, 1401416280 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN PEDAGANGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (15MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya pembelajaran adalah guru kurang variatif dalam menggunakan model pembelajaran. Penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) dapat melatih keterampilan bertanya dan berdiskusi. Keterlibatan siswa secara kolaboratif dalam berdiskusi membuat siswa termotivasi untuk mendapatkan hasil belajar yang bagus. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Numbered Heads Together (NHT) ditinjau dari motivasi dan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pedagangan 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A dan V B. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis perbedaan motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (2,164 > 2,020) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,036 < 0,05) sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan motivasi belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,407 > 1,717) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,003 < 0,05) sehingga H05 ditolak. Hasil uji hipotesis perbedaan untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,500 > 2,020) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga H02 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (5,154 > 1,717) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H06 ditolak. Simpulan penelitian skripsi ini adalah model Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri Pedagangan 01. Saran peneliti melalui skripsi ini adalah guru mampu menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) sebagai model dalam proses pembelajaran dan mengolaborasikan model Numbered Head Together (NHT) dengan media pembelajaran yang sesuai materi dan sesuai fasilitas yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Numbered Head Together (NHT); Motivasi Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 01:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 01:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39273 |
Actions (login required)
View Item |