PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD se-DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Tiyatama Nisa Wardiyan, 1401416265 (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD se-DABIN II KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416265.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (27MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan muatan pelajaran yang mengakibatkan siswa mempelajari lingkungan sekitarnya. IPA menjadi salah satu muatan pelajaran yang sulit bagi siswa, dibuktikan dengan perolehan hasil belajar dari nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) semester gasal muatan pelajaran IPA. Terdapat 53,1% siswa yang memeroleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 258 siswa. Tercapainya hasil belajar tidak terlepas dari peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran, baik melalui pemanfaatan media pembelajaran, ataupun penerapan kompetensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsi ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA kelas V SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto. Teknik samplingnya adalah proportionate stratified random sampling¸ dengan sampel penelitian sebanyak 157 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar IPA kelas V SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal (????1 ≠ 0) dengan sumbangan pengaruh sebesar 11%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA kelas V SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal (????2 ≠ 0) dengan sumbangan pengaruh sebesar 10,4%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran berbasis TIK dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA kelas V SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal (????3 ≠ 0) dengan sumbangan pengaruh sebesar 16%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran berbasis TIK dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA kelas V SD se-Dabin II Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan mengikuti seminar atau pelatihan tentang pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK dan meningkatkan kompetensi pedagogiknya. Bagi pihak sekolah lebih meningkatkan pengawasan terhadap sarana prasarana yang mendukung kegiatan pelajaran, serta memfasilitasi guru dalam mengembangkan kompetensi pedagogiknya. Bagi peneliti lanjutan diharapkan dapat mengungkap faktor lain yang memengaruhi hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Kompetensi Pedagogik Guru, Media Pembelajaran Berbasis TIK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 01:12
Last Modified: 08 Oct 2020 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39270

Actions (login required)

View Item View Item