PENGARUH DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Gusti Satria Wibowo, 1401416264 (2020) PENGARUH DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416264.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah disiplin belajar dan minat belajar siswa. Siswa dengan disiplin belajar yang tinggi, siswa akan selalu sadar dalam melaksanakan ketentuan dan peraturan dalam kegiatan belajar, yang menyebabkan proses kegiatan belajar tersebut menjadi teratur dan dapat dipahami oleh siswa sehingga tercapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Minat memegang peranan penting dalam belajar, karena minat merupakan suatu kekuatan motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Minat belajar dapat diartikan ketertarikan siswa terhadap suatu pembelajaran atau mata pelajaran yang ada. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal dengan jumlah populasi sebanyak 169 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 120 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar matematika, disiplin belajar, dan minat belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk menemukan masalah, dokumentasi untuk hasil belajar matematika, dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk disiplin belajar dan minat belajar. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penghitungan statistik, menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel (4,225> 1,980) dengan pengaruh sebesar 12,9%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan perolehan thitung>ttabel (4,573 > 1,980) dengan pengaruh sebesar 14,8%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa, dibuktikan dengan perolehan Fhitung>Ftabel yaitu (12,124 >3,072) dengan pengaruh sebesar 16,9%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Minat belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 01:09
Last Modified: 08 Oct 2020 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39269

Actions (login required)

View Item View Item