KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI GAGNE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PURWAHAMBA 02


Chichilia Nanda Sansabela, 1401416244 (2020) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI GAGNE DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PURWAHAMBA 02. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401416244.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbagai faktor yang memengaruhi keberhasilan proses pembelajaran matematika salah satunya yaitu guru kurang berinovasi dalam mengemas pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa pasif dan kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Pembelajaran seperti itu berdampak pada rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Teori Gagne. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Teori Gagne dibandingkan dengan pendekatan konvensional . Penelitian eksperimen digunakan dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Purwahamba 02 tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 51 siswa. Sampel penelitian yaitu 24 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasinya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir yang digunakan yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data minat belajar menunjukkan thitung lebih dari ttabel (thitung > ttabel) yaitu (2,230 > 2,010) dengan nilai signifikansi 0,030 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan nilai thitung lebih dari nilai ttabel (thitung > ttabel) yaitu (3,373 > 2,010) dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data minat belajar menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,791 > 1,714) dengan nilai signifikansi < 0,05 (0,010 < 0,05) dan data hasil belajar menunjukkan nilai thitung > ttabel (4,459 > 1,714) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara minat dan hasil belajar antara yang menerapkan pendekatan matematika realistik berbasis teori Gagne dengan yang menerapkan pendekatan konvensional dan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbasis teori Gagne lebih efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika. Saran yang dapat dikemukakan adalah sebaiknya guru menggunakan pendekatan matematika realistik berbasis teori Gagne dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; matematika realistik; minat belajar; teori Gagne.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Oct 2020 00:52
Last Modified: 08 Oct 2020 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39263

Actions (login required)

View Item View Item