KEEFEKTIFAN DISCOVERY BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA


Tyas Nur Wijiastuti, 4001415060 (2019) KEEFEKTIFAN DISCOVERY BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN DISCOVERY BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN DISCOVERY BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA) - Published Version
Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan discovery blended learning terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar pada materi sistem eksresi manusia kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental tipe posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dengan masing-masing kelaas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery blended learning efektif terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 27 Semarang yang dilihat dari persentase pemahaman konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol dan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai yang lebih tinggi pada keas eksperimen. Persentase pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 64% dan kelas kontrol sebesar 49%, sedangkan motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 72% dan kelas kontrol 69%. Pembelajaran dengan discovery blended learning efektif terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Blended Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Sistem Ekskresi Manusia.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:15
Last Modified: 09 Oct 2020 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39260

Actions (login required)

View Item View Item