PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SIMULASI ENERGI ALTERNATIF (ASEA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Lana Fahira Nikmah, 4001415051 (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SIMULASI ENERGI ALTERNATIF (ASEA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SIMULASI ENERGI ALTERNATIF (ASEA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang erat kaitannya dengan proses. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 37 Semarang diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik rendah. Kurangnya pembelajaran menggunakan alat peraga menyebabkan peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran IPA karena dianggap monoton dan membosankan. Alat peraga Simulasi Energi Alternatif merupakan salah satu alternatif yang ditawarkan peneliti yang didesain untuk memfasilitasi peserta didik dalam memvisualisasikan materi pemanasan global dan solusinya. Keterampilan berpikir kritis peserta didik merupakan kemampuan peserta didik dalam menemukan, menganalisis, mengidentifikasi. mengevaluasi dan menginferensi suatu masalah sampai didapatkan solusi yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Alat peraga Simulasi Energi Alternatif (ASEA), serta untuk menganalisis keefektifan alat peraga ASEA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Research and Development yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan dibatasi sampai tahap Develop saja. Hasil validasi memperoleh persentase 93,89% untuk validasi media dan 95,45% untuk validasi materi dengan masing-masing kriteria sangat layak. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 32 peserta didik kelas VII D SMP Negeri 37 Semarang dengan diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis 50% sedang dan 50% tinggi yang menunjukkan Alat peraga Simulasi Energi Alternatif (ASEA) efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga Simulasi Energi Alternatif (ASEA). keterampilan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 01:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 01:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39259 |
Actions (login required)
View Item |